Sunday, December 25, 2022

Financial Planning - Proyeksi 2023

 Alhamdulillah...

Semalam sempat memproyeksikan bagaimana cashflow dan budgeting di tahun 2023. 

Ada beberapa prioritas utama yang kita higlight, itu sekolah anak. Yup, insya Allah untuk A1 masih aman karena coverage dari kantor masih bisa nutupin. Nah untuk A2 kita perlu menyesuaikan. Ada penambahan yang mana alhamdulillah masih manageable. Bismillah

Kita coba buat prioritas dan budgeting setiap awal tahun dan kita terus review per bulannya. Setahun kami pindah di tempat baru, kami bisa summary kebiasaan-kebiasaan dan alokasi ke mana lari uang kita. Semuanya masih manageable, bersyukur semuanya masih bisa dialokasikan dan yang paling penting masih bisa buat sedekah. Itu yang utama. Sedekah dan berbagi sama orang di sekitar. 

Sekedar sharing, alokasi terbesar kita adalah di akomodasi rumah. Iya, alokasi untuk rumah bisa mencapai 40% dari alokasi budget keseluruhan. Untuk sekolah anak bisa mencapai 12%. nah samping itu untuk kirim2 30% (orangtua, sedekah, dll). Selebihnya ya kebutuhan sehari-hari, jalan-jalan.

Transportasi untuk bensin dll alhamdulillah tidak terlalu banyak,  karena selain rumah kita dekat dengan sekolah, saya pun kerja masih banyak dari rumah (WFH). Jadi saving dari transportasi lumayan juga. Kalau normal sie biasanya kita mencapai 10% juga untuk total semua untuk budget.

Note: ini budgeting di luar tabungan ya. Karena tabungan kita pisahkan dulu dari pendapatan. Persentase ini didapat dari alokasi untuk expenses aja :)

Bismillah, semoga bisa termanage dengan baik dan tujuan keuangan bisa tercapai. Amiin

Share: